Thursday, April 9, 2009

pemilu

hem, hari ini kan pemilu. sudahkah kalian yang berumur 17 tahun keatas ataupun sudah pernah menikah dan terdaftar di DPT mencontreng? hem, sekarang sih TPS nya udah tutup. hahaha bokap gue jadi salah satu anggota TPS dan keliatannya beliau sibuuuuuuuuuuk sekali seharian ini. akhirnya jadi gak jalan-jalan deh (aduh gue masih mikirin jalan-jalan, padahal udah mau ujian). tapi liat aja, besok gue mau bales dendam dengan cara jalan-jalan seharian. hem, tapi kan besok gue les. aduh jadi serba salah. ckck

tapi payah deh, masa ada sebagian orang yang terpaksa harus golput karena namanya gak terdaftar. aneh banget yaaaaaaa? kok bisa gitu sih? ckck ada juga yang ngga bisa nyontreng karena dia terdaftar di kampungnya sementara dia juga gak sempet pulang kampung (seperti pembantu gue di rumah). padahal satu suara itu sangat berarti lho buat masa depan indonesia nantinya. tapi ada juga yang sengaja golput karena bingung mau milih yang mana. hem, padahal sebenernya yaaaa, kita bisa searching di internet. cari tau tentang caleg di daerah kita dan kita tentuin deh mau pilih yang mana.

ohya, buat yang sekarang belom tau (seperti nenek gue) sekarang itu baru pemilihan anggota legislatif. anggota legislatif itu nantinya (harusnya sih) menjadi jembatan antara rakyat dengan pemerintah. mereka itu yang harusnya ngasih usulan yang pro-rakyat. karena mereka udah dipilih ama rakyat dan mereka harus memberi yang terbaik kepada rakyat.

ohya, untuk saat ini, bukan pemilihan presiden yaaaaaaaaaaaa. sekarang bukan jaman orde baru buung! kalo orde baru, kita kan cuma bisa milih partai. sementara orang yang mengisi DPR itu sendiri akan ditentukan oleh partai pemenang. jadi tuh kursinya udah ada jatahnya (tergantung berapa % dia dapet suara) dan presiden itu yang milih MPR (oke, gue belom begitu ngerti tentang teknisnya tapi gue akan cari tau). sedangkan sekarang, pemilihannya tuh serba langsung. jadi sekarang para pemilih akan memilih langsung yang mana yang terbaik menurut mereka. naaah, nanti suaranya itu dihitung dan orang yang memenuhi syarat suara akan masuk ke DPR. tapi kalo pemilih itu cuma mencontreng nama/gambar partai, maka suaranya akan dialihkan ke caleg no. 1 pada partai tersebut. sedangkan buat presidennya, sama kaya taun 2004. nanti pemilih akan langsung memilih pasangan mana yang menurut mereka paling pantas menjadi pemimpin Indonesia kita

naaaah, kalo untuk DPD, itu beda lagi. kita akan milih langsung siapa orangnya tapi gak ada partai kalo disini. kalaupun di spanduknya dia ngasih tau dia dari partai mana, maka itu cuma ngasih tau aja. tapi di kertasnya sendiri, nggak ada partainya. yang ada cuma foto sama nama caleg itu. naaaaaaaaah, kalo yang itu kita harus bener-bener milih soalnya nggak bisa milih lewat partai lagi.

naaaaaaaah, hasil quick count dari LSI (lembaga survey indonesia) jam 15.25:
1. Golkar 33.7%
2. PAN 13.0%
3. Demokrat 9.9%
4. PDI Perjuangan 9.1%
5. Gerindra 5.5%


hasil quick count LSI (lingkaran survey indonesia) jam 15.25 :
1. Demokrat 17.13%
2. Golkar 16.20%
3. PDI Perjuangan 14.89%
4. PKS 7.43%
5. PKB 6.41%

sumber : kompas.com

No comments:

Post a Comment