Sunday, March 4, 2012

Ujian Praktek!

Alhamdulillah ujian praktek selesai juga. Seru banget nggak bohong deh. Banyak banget kejadian seru selama ujian praktek. Mulai dari lampu keluar asap, salah masukin larutan, sampe pidato, belom lagi mandarin yang super rumit ampe agama yang banyak banget hafalannya. Intinya, yang dibutuhkan saat ujian praktek cuma nyali sama doa aja yang banyak, insyaAllah dipermudah ama Allah.

Gue ujian praktek dari Selasa sampe Jumat. Hari Selasa itu jadwalnya Biologi, Bahasa Inggris, sama Seni Rupa. Kebetulan kalo senrup ujian prakteknya udah diselenggarakan dari sebelum jadwalnya, jadi hari itu cuma 2 matpel doang. Bahasa Inggris alhamdulillah nggak terlalu susah, cuma bikin teks sama baca teksnya di depan gurunya. Sementara kalo Biologi itu ada undian terus nanti dipasang-pasangin gitu. Kebetulan gue dapet sama Najim. Dapetnya yang tentang sel hewan & tumbuhan sama uji biuret. Gue ngerjain uji biuret, Najim ngerjain sel. Terus nanti saling bantu deh kalo ada yang gak bisa. Nggak ada yang seru sih pas biologi, jadi skip aja.

Hari Rabu ada Kimia, Olahraga ama Bahasa Indonesia. Kimia bener-bener ujian mental soalnya gue dapet meja paling depan dan kebetulan partner gue Najim lagi. For some reason, gue bersyukur banget partner gue Najim soalnya dia bukan jenis orang yang gmapang panik. Jadi gue bisa lebih santai pas ngerjain. Bedanya biologi sama kimia, kalo kimia nggak bisa saling bantu. Gue dapetnya tentang titrasi asam-basa sama massa zat sebelum dan setelah reaksi. Sumpah gue suka banget sama warnanya CuSO4 soalnya cutie banget warna biru muda dan setelah dicampur sama NaOH jadi biru lebih tua. Keren banget nggak bohong. Sementara pas titrasi gue sempet kacau gara-gara lupa cara make pipet gondok. Terus sempet salah masukin larutan ke buret. Kacau deh pokoknya. Dan parahnya lagi, pas kimia nggak ada cara kerja. Jadi gue harus ngisi sendiri. Horor abis. Pas olahraga, tesnya voli doang soalnya yang lainnya udah dicicil dari sebelum jadwal ujian praktek. Tesnya tes servis bola dan anehnya, bola yang gue pukul baru bisa ngelewatin net kalo gue dipanas-panasin. Aneh maksimal. Kalo Bahasa Indonesia prakteknya pidato. Satu persatu maju buat pidato di depan temen-temen sekelasnya. Kebetulan yang dapet giliran pidato terakhir itu Ipang dan karena nggak tega sama dia, akhirnya pada nggak pulang duluan dan tetep nungguin Ipang selesai padahal sebenernya udah boleh pulang duluan.

Gue : Pang kayanya lo bakal jadi yang terakhir pidato deh
Ipang : Iya nih kayanya
Gue : Yahahaha kasian deh nanti nggak ada yang nonton
Ipang : Biarin aja, yang penting ada Allah yang nonton
Gue : *ngakak*

Ngeselin banget nggak sih jawabannya :") Udah pengen banget ninggalin tapi nggak tega jadi yaudah deh ditungguin ama yang lainnya.

Kamis, prakteknya Fisika sama TIK. Alhamdulillah banget TIK dapetnya bikin powerpoint. Nggak kebayang kalo dapetnya Photoshop, itu repot banget soalnya :") Kalo fisika, gue partner sama Haryo, dapetnya tentang interferensi. Pas nyalain lampunya, tiba-tiba keluar asap. Parno abis. Terus kata Tika, yang kebetulan meja praktikumnya ada di belakang gue, "Tenang Tha, kalo di FTI nanti emang suka keluar asap gitu, ini baru permulaan. Lo harus terbiasa." Gue cuma ngangguk-ngangguk pasrah. Akhirnya gurunya ngeganti lampunya, terus masalah timbul lagi. Ternyata kisinya retak. Sumpah hardcore banget yang ngerjain interferensi sebelom gue. Tapi ternyata interferensi paling gampang diantara yang lain. Buktinya aja gue ama Haryo yang keluar paling pertama dari lab fisika, bukan karena diusir, tapi karena emang udah selesai.

Jumat! Ini bener-bener challenging day banget. Soalnya semuanya hafalan. Alhamdulillah lagi, speaking mandarin gue dapetnya yang gampang yaitu memperkenalkan diri. Dan ternyata ada satu teks lagi yang bakal jadi bahan buat tes readingnya. Dan super banget, gue ngafalin cuma 15 menit sebelum maju ke laoshi. Dan alhamdulillah banget, gue SD di sekolah Islam, jadi doa-doanya pernah gue denger, walaupun gak hafal-hafal banget. Gue ngafalin kurang lebih 30 menit sebelum maju giliran gue deh kayanya. Bener-bener cuma modal nekat doang ke sekolah.

Btw tadi pagi gue ke GBK buat lari 2.4 km dan hebatnya..................... waktu lari gue 20 menit. WHOA! Gue aja kaget ama pencapaian gue. Soalnya gue bukan jenis orang yang kuat lari jauh-jauh. Dan akhirnya tadi gue megang rumput seharga 2 M. Tadi juga gue liat Persija lagi latihan. Katanya sih ada Bepe tapi gue nggak liat soalnya sibuk lari.

Ah intinya ujian praktek itu seru banget! Kalo kalian gimana ujian prakteknya?

1 comment: