Saturday, September 29, 2012

Chemistry Rocks!

Hari Kamis kemaren adalah hari perdana gue, sebagai mahasiswi TPB, menjalani praktikum kimia dasar. Dari pas pendaftaran praktikum, udah dikasih tau apa aja yang harus disiapin buat praktikum, cara bikin jurnal, pokoknya segala macam hal tentang praktikum. Salah satunya tuh bikin jurnal pra-praktikum dan gue bikinnya mepet banget, baru Rabu jam 8 malem. Yang gue nggak sadar adalah........... praktikum pertama gue ini ada 5 percobaan. Super sekali :") Jadi gue harus nulis tentang 5 percobaan. Akhirnya, setelah berpegal-pegal ria nulis tujuan, langkah kerja, dll (Iya, tulis tangan, bukan diketik), akhirnya gue baru selesai bikin jurnal jam setengah 12 malem. Abis itu langsung tidur deh.

Besok paginya, gue berangkat rada santai soalnya praktikum mulainya jam 8 pagi. Rencana awal gue, pas ke kampus gue mampir dulu ke indomaret deket kosan, buat beli lap. Apa daya, gue berangkatnya sama temen sekosan jadi lupa mampir. Udah  agak panik sebenernya, terus kata Novi, temen sekelas yang kloter praktikumnya bareng, serbet bisa minjem temen dan nggak diperiksa satu-satu. Yaudah deh, gue santai aja ke kampus. Terus minjem jas lab ke Savitri gara-gara gue belom beli jas lab. Suram ._.

Jam 7.45 gue sama Novi ke lab kidas, siap-siap pake jas lab ama name tag. Btw, warna kelompok gue adalah...... PINK. Iya, PINK. Sekali lagi, PINK. Sedih banget aaaak, bete warnanya heboh abis. Jam 8 disuruh masuk ke lab, terus ada pengarahan dulu dari pimprak (pemimpin praktikum), anak S-2 gitu. Dijelasin macem-macem tentang praktikum gitu, terus disuruh ke meja masing-masing deh. Gue semeja sama Thomas, terus mulai deh praktikumnya. Ehiya, dari 5 praktikum, ternyata yang harus dikerjain cukup 3 aja, 2 lagi dikasih contoh ama kakak asprak (asisten praktikum), senior gitu.

Praktikum pertama, apa ya nama prosesnya? Pokoknya iod dilarutin ke air, terus ditambahin kloroform, nanti iodnya bakal larut di kloroform gitu. Dan kloroform nggak nyampur sama air. Jadi kayak ada 2 lapis dengan warna yang berbeda. Seru deh, gue suka banget ngeliat perubahan-perubahan warna kayak gitu. Really easily-attracted-to-colorful-things type.

Praktikum kedua, re-kristalisasi garam. Jadi garam dapur dilarutin di air, terus disaring ke kertas saring. Hasil saringannya itu dipanasin terus nanti jadi kristal garam yang lebih bersih gitu. Gila deh nggak ngerti lagi, chemistry is sooooooooo cool kalo urusan yang kayak gini. Mungkin semacem pelajaran ramuan kalo di HP.

Praktikum ketiga, kromatografi deh kalo nggak salah namanya. Pokoknya gitu deh, ngeliatin tinta kertas naik ke atas terus warna tintanya berubah gitu. Seru abis. Kalo dua praktikum pertama gue ngerjain bareng Thomas, yang ini ngerjainnya berempat, bareng Nadif sama Karina. Kebetulan meja kami hadap-hadapan jadi barengan deh ngerjainnya.

Abis praktikum ketiga, aspraknya ngajak kelompok gue buat ngeliat percobaan yang lain gitu. Tentang apa ya itu nama prosesnya? Gue lupa. Seru deh pokoknya, bisa buat bikin parfum gitu. Terus dikasih tau dasar-dasar percobaannya, abis itu lanjut bikin laporan praktikum. Selesai bikin laporan, ada tes akhir gitu, tes yang berhubungan ama percobaan yang dibikin.

Selesai praktikum, gue, Novi, Pixel, Ajrina, sama Dina makan deh di Gelap Nyawang. Btw ini kacau banget, sejak gue kuliah, kerjaan gue tiap istirahat adalah makan. Dan berhubung gue dan Pixel NIMnya deketan, jadi gue selalu sekelas sama dia, kecuali PTI. Kerjaan kami berdua setiap selesai matkul adalah......... pandang-pandangan terus bilang "laper" atau "makan yuk". Super sekali :")

Btw praktikum kimia emang super asik banget deh pokoknya. Nggak sabar buat praktikum selanjutnya hihi

No comments:

Post a Comment