Saturday, June 13, 2015

My Life as an Intern

Hi! Long time no post, right?

Maaf ya, kemarin-kemarin lagi sibuk sekali, sibuk bobo dan nonton drama korea, jadi males banget buat nulis disini. Gue udah libur kuliah 3 minggu lebih loh. Setelah melewati kuliah keprofesian yang super membosankan selama dua hari, dari minggu terakhir Mei gue udah di Jakarta. Udah main-main ke UI sama Hanny, Gibran, dan Ben. Sebelum ujian selesai gue juga sempet main ke Jatinangor buat jadi objek penelitiannya Tika segala. Dan sejak awal Juni ini, gue sudah mulai magang.
Gue sekarang magang di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), tepatnya di Ekspor Impor. Yzz, itu perusahaan otomotif yang bikin Yaris, Innova, Fortuner, dan sebagainya. Becandaan orang-orang begitu denger tempat magang gue biasanya, "Titip mobil ya satu, kirim ke rumah gue." Kenapa bisa disana? Waktu itu gue panik karena orang-orang udah pada mulai dapet tempat sementara gue belum, akhirnya gue ngirim proposal ke semua kenalan yang ada dan mereka yang paling cepat merespon. Ya sudah, akhirnya awal Juni kemarin gue mulai magang.

Di divisi eksim sendiri masih dibagi-bagi lagi, terus gue masuk ke departemen yang bergerak di bidang ekspor mobil. Seru deh, waktu itu gue ke pabrik yang di Karawang terus ngeliat parkiran super gede, isinya mobil-mobil yang bakal diekspor ke luar negeri. Gue ngeliat ada mobil yang mau diekspor ke Arab, terus ada stiker-stiker bahasa Arabnya gitu. Sangat pengen foto-foto disana tapi nggak boleh. In fact, kamera HP gue ditempelin stiker gitu biar nggak bisa foto-foto.

And what I do here? Gue bukan kaya orang magang biasa yang ada kerjaan tiap hari. Gue lebih ke ngambil data buat laporan gue gitu. Dan lagi-lagi kualat, topik yang gue ambil disini merupakan topik yang gue paling gak ngerti apapun hix. Ngerti sih cuma yah, it's not my favorite subject in college. So yeah, the struggle is real. Gue jadi harus belajar lagi, terus mulai menyusun logika berpikir matkul itu lagi karena sekarang bener-bener harus ngerjain dari awal. Terus ternyata pressure-nya beda yah, karena sekarang ngerjain real case. Bukan sekedar angka-angka yang tertulis di soal. GM-nya ngomong gini ke gue, "Kalo nggak ngerti, tanya aja ya. Jangan ngerjain sendiri kalo nggak ngerti, karena semua hal yang ada disini berhubungan dengan uang." Jiper dong :-) Terus gue jadi mikir, gimana nanti kalo di kerjaan beneran yah. Kalo salah, ngaruhnya bukan ke nilai atau transkrip lagi. Tapi ngaruh ke kelangsungan sebuah proyek, bahkan ke sebuah perusahaan. I wonder whether I'm ready or not.

Dan gue nggak pernah berhenti bersyukur disini. Karena orang-orangnya super baik sekali. Nanya apapun pasti dijawab dengan sabar hahaha. Gue emang jarang sih ke kantor orang-orang gitu, paling ke kantor orang tua gue. Dan disini ambience-nya beda gitu, hahaha. Sering becanda-becanda bareng. Dan yang paling gawat adalah, sering banget ada bagi-bagi makanan. Semakin suburlah gue disini. Bahkan disini ada semacem kantin kejujuran gitu, lucu banget yah hahaha kirain kaya gitu adanya cuma di sekolah atau kampus doang. And I'm impressed with their office layout. Jadi disini, mejanya staff, section head, sama manajer satu baris gitu. Jadi atasan bisa ngeliat langsung bawahannya kerja, dan sebaliknya. Terus di ujungnya ada meja GM. Jadi semua orang bisa saling lihat satu sama lain. Menurut gue bagus sih, jadinya ada kontrol kinerja secara langsung *sotil* Another perks, disini dapet makan siang loh tiap hari. Kalo mau makan siang di luar juga bisa sih, seberang kantor langsung ada MAG. Yah lumayanlah yaa.

Terus gitu apa lagi yah. Kantornya sangat mudah dijangkau karena di pinggir jalan. Bahkan cuma beberapa ratus meter dari pintu keluar tol. Depan kantor juga ada halte Transjakarta. Dan akhirnya gue ngerti betapa hectic-nya orang yang naik kendaraan umum. Gue kan masuknya jam 7 pagi jadi disuruh berangkat naik kendaraan umum hiks. Terus yaudah deh, merasakan berdesak-desakan dengan ratusan orang lainnya untuk tidak terlambat sampai kantor. And I personally not recommend you to take a transit in the morning. It's just a big no. Hari pertama gue naik yang pake transit (naik ke koridor 4, transit di Pramuka BPKP, lanjut ke koridor 10). And I ended up step on someone's foot. Terus dipelototin. Yha. Besokan dan selanjutnya, gue selalu naik dari halte koridor 10 yang deket rumah gue (Thank God rumah gue deket dua koridor) jadi gak perlu transit lagi. Nggak kebayang kalo harus transit tiap hari kayak begitu huhu.

I think that's it for now. Doakan semoga gue berhasil mengerjakan segala tugas gue disini dengan baik dan benar hehe. Happy holiday everyone!

No comments:

Post a Comment