Sunday, April 10, 2016

First Timer at Job Fair

Lama juga tidak menulis. Emang lagi nggak banyak yang bisa diceritakan sih soalnya. Hidup super datar. Sebenernya setelah gue nulis terakhir itu, gue nyoba apply buat internship di salah satu perusahaan. I thought, I need something to keep me busy. Biar nggak males-malesan doang di kosan. And somehow it works. Terus minggu lalu juga ada wisudaan, terus gue mulai diserang rasa panik aja karena TA gue nggak ada progress. Dan akhirnya mulai ada progress. Sebagian ya karena sekarang gue punya kegiatan lain selain tidur-tiduran di kosan. Kegiatan yang mengharuskan gue keluar kosan setiap harinya dan mengerjakan hal-hal di depan komputer. Jadi sekarang gue lagi probation time gitu, kalo oke bakal lanjut intern deh. Doakan saja semoga yang terbaik. What I love in my office is... unlimited snacks and fast internet access. Yay! Senang.
Anyway, yang mau gue ceritain sekarang adalah pengalaman pertama gue dateng ke job fair. Semua berawal dari ajakan Afiq ke ITB Integrated Career Days. Ajakannya tuh hari Jumat, di hari pertama job fair. Tapi gue lagi di kantor, jadi kaya cuma wacana gitu. Terus besoknya gue denger cerita temen sekosan gue, terus gue jadi tertarik buat kesana. Terus gue ajak lagi Afiq. Tapi sepertinya hari itu (Sabtu) gak feasible karena siang gitu baru mau kesana. Daripada sumpek, akhirnya gue ama Afiq berencana datang pagi. Jam berapa? 6 pagi, karena mau bikin akun dulu. Tapi ternyata dapet kabar kalo acaranya mulai jam 9. Akhirnya gue ama Afiq berencana mau dateng jam 7 pagi. Tapi yah... namanya juga janjian ama manusia karet. Serba ngaret ha ha ha. Ternyata Afiq baru bangun jam 6.30, terus dia bahkan ketiduran lagi. Sementara gue udah siap dari jam 7. Yaudah akhirnya gue nungguin dia. Terus dia bilang kunci gembok kosannya gak ketemu, helm juga gak ketemu. Lama banget deh pokoknya. Gue baru dijemput tadi jam 9 pagi.

Sampe kampus (acaranya di kampus), langsung aktifin akun. Terus mulai deh berkeliling. Liat-liat kesana kemari, terus mulai nyesel kenapa gak masuk IF aja?!?!?!?! Karena disana banyak dibuka buat jadi software engineer gitu. Ya sudah deh. Tapi ada juga sih beberapa yang bisa buat anak MRI. Terus gue akhirnya daftar di beberapa tempat, iseng-iseng aja. Gue bahkan gak bawa cv kesana. Gue akhirnya daftar di tempat yang gak perlu pake cv ha ha ha. Gila sih chaos banget antriannya. Gue sejujurnya males sih ngantri lama-lama haha jadi kalo ada yang antriannya panjang gue langsung lanjut. Paling cuma minta brosurnya aja. Terus bahkan ada yang daftar langsung di tempat, termasuk foto. Dan pada akhirnya gue terpisah dari Afiq, baru ketemu lagi pas udah selesai muterin semuanya.

Brosur-brosur yang terkumpul + tiket masuk
Capek. Tapi seru juga sih pengalamannya. Gue jadi lebih punya gambaran apa aja yang harus disiapin kalo mau kerja, terutama kalo mau nyari kerja di acara job fair gitu. Terus jadi mikir juga, karena tadi ada perusahaan yang nanya expected salary-nya berapa. Dan gue beneran bingung haha, nggak tau harus isi berapa. It's time to ask my seniors about how much should we expect. Dan ada beberapa pertanyaan lagi sih. Overall, it was tiring but surprisingly exciting.

Setelah dari sana, gue ama Afiq makan mie deket alun-alun (yang menurut gue kinda overpriced). Terus lanjut nonton tanding bola antara MTI sama IMG. Yang menang MTI. Yay selamat! Terus pulang deh. Abis itu mulai iseng-iseng buka website perusahaan-perusahaan tadi, dan ada yang berakhir dengan gue apply. And I end up here, writing my first experience as a job seeker.

No comments:

Post a Comment