Sunday, July 24, 2016

Kuliah Merantau 101


Menyambut masa-masa tahun ajaran baru untuk perkuliahan, gue jadi inget waktu gue baru keterima kuliah. Heboh banget. Langsung ke Bandung, cari kosan, beli segala perlengkapan untuk di kosan, terus harus nyiapin dokumen untuk daftar ulang. Pokoknya heboh banget deh waktu itu. It was scary, yet exciting. I'll live alone, for the first time. I'll do (almost) everything by myself. Heck, I couldn't even iron my own clothes back then. Masak pun cuma bisa ngegoreng, masih suka gosong pula. Dan berdasarkan pengalaman-pengalaman itu, gue akan membuat panduan dasar untuk para mahasiswa baru alias maba, what you should and should not do, terutama untuk kalian yang merantau.

1. Be as friendly as you could be
This is so fvckin' important. Walaupun anak-anak SMA lo udah kayak bedol desa masuk di universitas itu, tetep aja harus mau buat berteman dengan orang baru. Biasanya penyakit males kenalan itu kalau lo punya banyak temen dari SMA yang masuk sana juga, apalagi kalo ada yang satu fakultas atau jurusan gitu. Pasti nempel banget, kemana-kemana barengan. Wajar sih, karena mereka pastilah semacam comfort zone kalian. But please, terbuka sama orang baru. Kenalan, ngobrol. You'll never know, bisa aja mereka akhirnya jadi sahabat lo di tahun kedua atau ketiga atau keempat, atau ternyata kalian jadi satu kosan di tahun ke sekian kalian kuliah. Atau ternyata ada yang expert di bidang TA lo, sehingga bisa nanya-nanya ke mereka. Pokoknya banyak banget kemungkinannya, jadi mulailah untuk menambah teman dan menjaring relasi. Bahkan bisa aja nanti mereka yang ngasih info lowongan kerja. Who knows. Bisa aja nanti dia jadi jodoh lo. Hehe.
Dan ini nggak berlaku cuma ke temen di kelas, tapi juga ke senior lo. I'm actually so bad at making new friends with the seniors, but I tried to. Dengan alasan yang kurang lebih sama kayak yang udah gue sebutin di atas. Enaknya punya kenalan senior adalah, lo bisa nanya-nanya tentang kuliah ke mereka, pinjem buku ke mereka, bagi e-book atau contoh tugas juga bisa. Terus kalo mereka udah kerja, bisa nanya-nanya info dan tips&trick juga. Atau bisa aja mereka narik lo buat ikut proyekan mereka.
Satu elemen yang tak kalah pentingnya adalah... TEMAN KOSAN. Teman kosan adalah semacam 911 di daerah rantau. Kenapa? Karena mereka adalah teman-teman di kala senang maupun sedih. Kalo lo sakit, lo bisa minta temenin mereka buat ke rumah sakit. Kalo lo laper tapi hujan dan temen kosan ada yang di luar, lo bisa nitip makanan sama mereka. Kalo bosen di kosan tapi temen kuliah lagi pada pergi, lo bisa ajak temen kosan lo jalan bareng. Kalo beli martabak kebanyakan, sharing ama temen samping kamar. Punya temen kosan sangatlah menyenangkan, karena bahkan lo bisa sampe bikin BBQ di kosan (kalau ada tempatnya). Lo bahkan bisa eksperimen masakan atau makeup baru sama temen kosan. Lo juga bisa nyobain belanja ke pasar sama temen kosan. Banyak banget hal-hal yang bisa dilakukan bersama teman kosan. Karena mereka adalah teman terdekat, kalo ada apa-apa tinggal ketok aja pintu kamarnya.

2. Pastikan segala keperluan sudah terpenuhi
Nah, ini terutama buat yang ngekos. Biasanya kamar kosan isinya tempat tidur, lemari, meja belajar, ama kursi. Kalo ada kamar mandi di dalamnya, berarti ama kloset dan shower/bak mandi. Nah yang harus lo tau adalah, kamar itu benda mati, gak bisa ngerapiin sendiri. So you'll do that by yourself, sure you could ask someone else like your household assistant but well... kapan mandirinya kalo gitu?!?!?!, and you'll need the tools. Sapu, pel, pengki, sikat kamar mandi, kemoceng, dan segala hal-hal. Memang sih biasanya di kosan udah disediain tapi alangkah lebih enaknya kalau punya sendiri. Pastikan segala hal tersebut tersedia sebelum lo mulai ngekos, jadi pas mulai ngekos udah tinggal pake. Hal lain yang perlu disediakan diantaranya adalah jemuran handuk sama rak sepatu. Waktu awal ngekos, gue cuma bawa sepatu 3, di akhir kuliah, sepatu gue di Bandung ada sekitar 15. Raknya ampe nggak muat. Well, info nggak penting tapi yang mau gue kasih tau adalah, lo akan butuh rak sepatu karena lo gak tau berapa sepatu yang akan lo punya sampai akhir kuliah. Dan rasanya gak rapi aja kalo sepatu lo cuma ditaroh lantai begitu saja. Kalo lo mager ambil minum, lo juga bisa pasang dispenser di kamar lo. Terus pastikan lo punya wadah alat tulis buat di meja belajar, kombinasi fitting (pokoknya buat colokan listrik, disarankan lebih dari satu). Kalau kayak rak gitu mending lo beli setelah mulai kuliah sih, biar tau nanti butuhnya yang sebesar apa.
Kalo lo tinggal di rumah sodara, yang penting lo tau dimana barang-barang itu. Pokoknya sebenernya jangan sampe ngerepotin sodara tempat lo numpang tinggal karena... nggak enak aja. Biasakan untuk mulai mandiri dan nggak jadi beban buat orang lain. Yoe. Nadia Talitha Golden Ways.

3. Know your new neighborhood
Warung dimana? Tempat makan paling dekat dimana? Laundry dimana? Supermarket terdekat dimana? Rumah sakit terdekat dimana? Apotek terdekat dimana? Dan berbagai tempat lainnya. Ini sangatlah penting sekali karena you'll never know when you need something. Gue sih biasanya belanja bulanan di rumah, terus belanjaannya gue bawa ke Bandung. Tapi kalo mendadak habis dan gue butuh secepatnya, kan gak mungkin gue beli di Jakarta dulu. Dengan tau daerah sekitar lo, it would be easier for you whenever you need something. Untuk tempat makan, jangan hanya terbuai dengan kata "dekat" dan "murah". Biasanya anak kosan sangat mudah terbuai sama kata kedua. Percayalah, banyak sekali tempat makan rumah tapi kurang higienis. Dan kalau sakit malah lebih mahal. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Makanya, mending cari tempat makan yang bersih. Pasti ada kok tempat makan yang murah tapi bersih. Or you could just cook. Untuk laundry, lo butuh karena kadang barang-barang lo ada yang gak bisa dicuci pake mesin cuci biasa. Nah disinilah kegunaan laundry. Contohnya lo mau cuci karpet, tas, boneka, sepatu. Biasanya laundry deket kosan bisa melakukan hal-hal tersebut.

4. Learn to do things
Bisa nyapu? Bisa ngepel? Cuci piring? Cuci baju? Masak? Nyetrika? Pertanyaan ini serius loh. Haha. Karena gue sejujurnya baru nyobain nyuci piring, masak, dan nyetrika pas di Bandung. Jadi sebelum merantau, coba tanya nyokap lo, gimana cara cuci baju yang mudah dan cepat. Gue biasanya cuma rendam pakaian di air berdeterjen, diamkan beberapa menit, terus bilas. Jemur deh. Gue biasanya pake deterjen cair biar mudah. Sebenernya yang gue cuci biasanya daleman doang sih, karena daleman itu sangat mudah keselip. Daripada hilang atau tertukar, mending cuci sendiri. Kaos kaki juga. Pokoknya barang-barang kecil yang mudah hilang atau tertukar deh.
Untuk masak, sebelum kuliah gue cuma bisa ngerebus mie. Bikin dadar bisa sih. Udah itu doang. Gue bahkan gak bisa ngegoreng frozen foods semacam nugget. I KNOW I WAS THE WORST. Pertama ngegoreng, gosong. Sejujurnya ampe sekarang gue nggak bisa bikin nugget yang bentuk sticky tapi nggak gosong, pasti salah satu sisinya ada yang lebih coklat daripada yang lain. Jadi akhirnya gue akali dengan beli nugget yang bentuknya aneh-aneh itu, no more gosong. You'll learn it eventually, sambil jalan. Tapi jangan takut untuk mencoba. Yoe. Beneran loh. Gue bahkan bisa goreng ayam fillet, ayamnya gue bumbuin sendiri. Cukup dengan bumbu serba guna. Nasi goreng juga udah bisa. Sesungguhnya, kalau udah bisa dan biasa masak, bakal enak banget karena jadi lebih hemat. Gue kadang bahkan beli nugget dan segala bumbu di Jakarta, jadi di Bandung tinggal masak. Beli di Jakarta biar dibeliin, dan dimasak biar di Bandung gak ngeluarin uang. Yay hidup lebih hemat!
Nyapu, ngepel, cuci piring mah standarlah ya. Kalau nyetrika gak harus sih, tapi ada baiknya lo tau caranya, walaupun akan sangat jarang dipake kecuali lo kerudungan.

5. Hafalin kendaraan umum di kota tersebut
Walaupun kata temen gue ada beberapa kota yang nggak banyak angkotnya dan rata-rata mahasiswa bawa kendaraan, hafal kendaraan umum penting. Hafalin aja dari kosan ke kampus gimana. Terus lama-lama meluas deh, dari kampus ke tempat A, dari kampus ke tempat B, dari kosan ke tempat C, dan sebagainya. Hafal kendaraan umum sangat penting karena nggak selamanya kalian bisa naik kendaraan sendiri. Ada loh beberapa temen gue yang walaupun bawa mobil di kota rantau, tapi ke kampus masih suka ngangkot karena lebih hemat, waktu dan biaya. Nyari parkir tuh kadang buang-buang waktu (kata temen gue). Jadi ya setidaknya lo harus tau beberapa angkot yang lewat kosan atau kampus lo. Kita nggak pernah tau kapan kita butuh angkutan umum.

Dan yang terakhir, dan kayaknya paling penting...

6. Self control
You'll live alone. Terutama ngekos. Gak akan ada yang peduli lo kuliah apa nggak, shalat subuh atau nggak, udah makan apa belom. Nggak ada. Bangun pagi sendiri, cuma modal alarm dari HP. Paling minta bangunin orang tua lewat telepon, tapi tetep aja kalo nggak bangun pas di telepon mah bablas aja. Nggak ada yang peduli lo kuliah atau nggak, nggak ada yang peduli lo udah ngerjain tugas atau belom -- kecuali itu tugas kelompok. It's not easy, at first. Sebagian dari kalian mungkin akan merasakan kebebasan yang hakiki untuk pertama kalinya. Nggak ada yang nanyain udah pulang atau belom. Paling orangtua lo hubungin via telepon atau chat, and you could easily lying to them, if you want to. Gue bukan ngajarin yang nggak bener, but that's the truth. Apalagi di semester-semester awal, temen masih gonta-ganti, mana ada yang peduli lo kelas atau nggak. Banyak loh orang yang ngerasa terlalu bebas jadi ngerasa bisa bolos seenaknya terus kuliahnya terlantar. Mau kayak gitu? Kalo mau, coba inget lagi gimana perjuangan lo buat masuk kuliah dan coba bayangin berapa banyak orang yang lo singkirkan buat dapet satu kursi itu. Saat banyak orang mau kuliah, lo sia-siain gitu aja. The point of self control is know yourself. Because when you know yourself, you'll know when to stop. Kalo kata Sun Tzu, know yourself  and you will win all battles. Ngerasa bego di matkul A, jangan nongkrong ampe jam 3 pagi sebelum ujian matkul A. Belajar. Cari temen yang ngerti matkul itu. Ngerasa nggak enak badan? ya jangan maksain diri begadang, istirahat. Kalo belajar harus nyatet? Jangan main HP di kelas, catet dosennya ngomong apa. Everyone's different.  Ada yang cukup baca slide dari dosen udah ngerti, ada yang harus nyatet, ada yang gak bisa begadang, ada yang kalo tidur dulu baru bablas, ada yang kalo belajar harus tenang dan sendirian, ada yang harus review ama teman. Dan berbagai macam lainnya.
It would be so damn difficult at first. Gue waktu itu ngerasa so damn young-wild-free. Pulang bisa jam 12 malam, bahkan sempet ampe jam 3 pagi cuma buat ngobrol ama beberapa teman di warung indomie atau roti bakar. Pulang-pulang masuk angin wkwk nggak deng. Dan itu nggak salah sih, asal lo tau aja kapan bisa menolak ajakan teman. Gue pada dasarnya sangatlah mudah diajak pergi, kecuali ada orang yang gue kurang nyaman, tapi pada akhirnya gue bisa memilah kapan gue bisa ikutan nongkrong dan kapan gue memilih di kosan saja, karena ada hal lain yang harus gue kerjakan.


I hope it could help you guys menghadapi kuliah, terutama di tahun pertama saat semuanya serba transisi. You could ask me anything! You could comment here or even send me a dm/e-mail *serius* It's so important to have someone that you could tell everything about and I think I wanna help those in need. Selamat menempuh babak baru kehidupan adik-adik! Belajar tetap nomor satu tapi jangan lupa untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru! Have fun in college!

No comments:

Post a Comment