Sunday, December 4, 2016

HP-ku Sayang, HP-ku Malang

It's true that the one you love the most, will hurt you the most.
This is the story of my one true love, my iPhone 5.


If you know me in real life, you'll know that my phone is my everything. Heck, I know you feel the same towards yours. Kalau ada yang nanya siapa pacar gue, gue akan jawab pacar gue adalah iPhone gue. HP-nya udah lama banget, dikasih menjelang ulang tahun gue yang ke-19. Jadi, dia udah berbakti kepada gue selama 3 tahun lebih sebulanan. Dari jaman dipinjem ama semua orang karena kameranya paling bagus, sampai akhirnya kameranya buruk banget (terutama kamera depannya -- karena layarnya keangkat -- more into that later).

Gue bener-bener nggak bisa pisah dari HP gue karena gue nyimpen segalanya di sana. Ada Line, Instagram, Dropbox, Safari, Mandiri Mobile, Calculator, dan entah-game-apa-yang-lagi-suka-gue-mainin. I'll be okay as long as I have my phone. I mean, kalo gue nggak bawa duit pun gue bisa aja minjem orang terus langsung gue transfer via m-banking. Atau kalo ada yang mau liat tugas gue atau nanya ebook buat kuliah, tinggal gue share aja link dropbox-nya. Kalo ada yang mau gue kepoin, langsung aja cari di google, terus coba cari socmednya. As simple as that. Hidup benar-benar di genggamaan tangan.

Tapi karena pada dasarnya gue ini sloppy af, sering sekali terjadi kecelakaan-kecelakaan bodoh dan HP gue yang jadi korbannya. Dari pas gue dapet HP gue itu, gue sering banget naroh HP di kantong belakang. Padahal bokap gue udah bilang dari awal, jangan ditaroh disana karena katanya iPhone 5 bisa bengkok kalo suka ditaroh di kantong belakang. Cuma menurut gue itu absurd banget, nggak mungkinlah yekali. Tapi yah ama Allah apa sih yang nggak bisa. Dan beneran loh kejadian, HP gue bengkok. Kalo lo liat dari bagian charge yang di bawah itu, keliatan loh HP gue bengkok. Lol. Tapi yaudahlah, selama HP gue nggak apa-apa, that's okay. Gue tetep pake dan memang nggak ada masalah kalo dari segi software. Anw, kejadian HP gue bengkok ini kalo gak salah sekitar 6 bulanan setelah gue punya HP.

6 bulan setelah HP gue bengkok, HP gue mulai bertingkah. Baterainya mulai kembung. Efeknya, layarnya jadi keangkat. Which means HP gue jadi nganga gitu. Sumpah udah banyak banget yang nanya, "Tha itu kok HP lo kayanya terang banget ya di pinggirnya?" dan gue dengan santainya menjawab, "Haha, iya emang gitu layarnya keangkat." Chill af. Karena seperti yang gue katakan sebelumnya, karena tidak mengganggu performa jadi gue nggak masalah. Oke kalo dari segi baterai jadi mulai kerasa sih rada bocor gitu, mulai nggak bisa pisah ama charger. Udah mana itu charger asli putus per tiga bulan. Pokoknya selama hampir dua tahun, gue beli charger per tiga bulan. Itu yang asli. Pernah iseng beli yang palsu, paling tahan sebulan, bahkan pernah cuma dua minggu. LOL.

Sampai akhirnya, Mei tahun lalu, which means 6-7 bulan sejak layarnya keangkat itu, layar gue bener-bener bertingkah. Layarnya jadi suka warna hijau. Terus nanti gue tekan ujungnya, baru deh layarnya jadi warna biasa lagi. Parah banget sih. Gue waktu itu ke Pineapple di Baltos, tempat servis Apple products gitu, terus nanya ini kenapa HP-nya begini, terus katanya ya karena baterainya kembung, LCD keangkat, terus akhirnya jadi rusak LCD-nya. Mau nangis pas abangnya bilang benerinnya bisa sampe 1.2juta. Akhirnya weekend itu gue pulang ke Jakarta, terus akhirnya bokap gue bilang benerin di Jakarta aja dan bisa dapet lebih murah hingga 40-50% Jakarta memang terbhae. Akhirnya gue kembali punya HP yang normal, layarnya nggak keangkat dan baterainya nggak cembung.

Tapi kebahagiaan gue nggak bertahan lama karena sekitar 1-2 bulan kemudian layarnya keangkat lagi. Kayanya sih karena ya itu tadi, HP-nya bengkok jadi udah nggak bisa nempel dengan baik antara LCD sama HP-nya. Terus nggak enaknya adalah, layarnya jadi gampang kemasukan debu gitu. Iya ini emang terdengar (atau terbaca) absurd banget tapi ini semua real guys. Tanya anak-anak MRI 2012 atau BP MTI 2015/2016 kalo nggak percaya. Bahkan yang pas keangkat sebelumnya itu gue kadang bisa copotin sekitar 80% dari LCD-nya terus gue lap biar nggak kotor. HUHU WEIRD. Terus ya pokoknya gue siasatin dengan menggunakan casing HP yang full ketutup gitu sampingnya, case yang dari karet-karet gitu tau nggak sih? Gue pake yang Sulley, karena warnanya biru. Pokoknya itu jadi fully protected banget deh. Terus karena case itu tebal banget dan gue juga bosan, dan jadi susah banget karena dia karet jadi suka nempel-nempel ke barang lain, gue jadi males pake case itu. Lo bayangin aja, gue awalnya bisa sebulan 2x ganti casing HP (fyi beli case HP adalah salah satu addiction gue), terus jadi harus setia sama satu case. Tapi gue tetap setia ama case Sulley gue karena gue takut HP gue berdebu.

Dan setelah satu semester dengan casing Sulley itu, terjadi suatu kecelakaan. Ingatkah kalian saat gue jualan Chicken Cheese Ball & Jelly Punch (ayo baca lagi disini)? Disitu gue kayanya bilang kalo HP gue rusak. Nah jadi, waktu itu gue lagi di apartemen Lala, terus HP-nya gue lempar ke tempat tidur Lala. Terus dia terguling, lalu jatuh ke lantai. Pas gue liat layarnya, udah kedip-kedip, terus layarnya mati. Badan gue lemas dan otak gue beku. Udah mana gue mau berangkat kulker. Akhirnya gue berangkat kulker pake HP adek gue, HP gue disimpen di kamar kosan. Terus pulang kulker gue bawa ke Jakarta, terus dibenerin sama bokap gue. Kebetulan waktu itu di rumah ada iPhone 5 juga (entah punya siapa) yang udah rusak nggak bisa nyala, jadi akhirnya bokap gue ngebongkar LCD-nya terus diganti ke LCD gue. Semacam donor LCD gitulah. Untung bokap gue ngerti gitu-gituan. Nah tapi sebenernya setelah rusak entah yang ke sekian kali ini, gue jadi nggak bisa nelepon biasa. Harus pake headset. Weird af. Repot banget sih, tapi kayak yaudahlah.

Nah bisa dibilang, setelah kejadian itu HP gue bertahan cukup lama (dengan kondisi cacat harus nelepon pake headset), sekitar 7 bulan tanpa kerusakan berarti. And here comes the pitfall. Pokemon fcukin' Go. Jadi waktu itu gue main, terus mungkin baterainya udah mulai jelek juga ya, ditambah lagi main Pokemon Go, akhirnya suatu hari dia mati begitu saja. Gue charge, nggak nyala. Pinjem charger lain, nggak nyala. Terus setelah 24 jam, tiba-tiba dia nyala lagi. Krik. Tapi abis itu yaudah kaya biasa lagi. Emang sih jadi bocor banget nggak bisa pisah ama powerbank, tapi kayak yaudah aja gitu. Terus pas lagi jaman-jaman ngurus TA di Bandung, tiba-tiba tuh HP mati lagi out of nowhere. Gue coba charge, sehari, dua hari, seminggu, nggak nyala juga. Gue lupa itu HP gue akhirnya baru sempet dibenerin setelah 2 minggu kalo nggak salah. Apa 3 minggu ya? Soalnya itu gue lagi sibuk ngurus berbagai hal terkait TA dan berujung dengan ngurus kelas lagi huw. Terus yaudah deh, bisa tuh nyala lagi HP-nya. Dan tidak ada masalah berarti juga. Paling karena gue mainin terus (main Criminal Case), akhirnya baterainya jadi buruk lagi.

Sampai akhirnya Senin kemarin, adek gue keserimpet sama headset gue. Headsetnya lagi nyambung ke HP gue dan pegangan HP gue lagi nggak kenceng. Terus akhirnya HP gue terbang dari tangan gue, terus jatoh. Terus layarnya kedip-kedip, terus mati. Krik. LCD-nya rusak lagi. Percaya nggak sih? Gue di titik sudah sangat lemas sampai nggak tau lagi mau ngapain. Gue udah kepikiran mau ganti HP gue aja tapi tabungan gue belum cukup padahal udah janji kalo mau beli HP mau beli pake uang sendiri HUHU. Terus akhirnya dibenerin LCD-nya, terus tiba-tiba.................................. HP-nya nggak mau nyala. Gue udah nggak tau lagi dia kenapa. Gue sebenernya sedih banget tapi gue rasa dia udah capek berbakti sama gue. Dia udah ngerasa renta dan tua, udah nggak sanggup lagi dengan segala aktivitas gue yang semakin hari semakin meningkat. Gue sebenernya udah merasa sangat sayang untuk mengeluarkan uang dalam rangka benerin HP gue, tapi ya mau gimana lagi. Sepertinya untuk rusak terakhir ini akan dibiarkan saja, kalo ada waktu baru dibenerin terus sekalian dijual aja karena dia udah terlalu capek.

It's been a very long run :------------(
Entah udah berapa juta chat yang pernah masuk, mulai dari chat nyekil-nyekil ampe chat ribut-ribut ama orang, kena ujan ampe kepanasan, mulai dari dapat berita sedih sampe dapat berita bagus, dan entah berapa ribu foto dan screen capture yang pernah diambil dari HP itu. Untuk semua kenangan manis, pahit, asin, asam, dan berbagai rasa lainnya. Untuk teman paling setia, yang selalu ada saat senang, sedih, bete, marah, kesel, dan berbagai mood lainnya. Dan bodohnya gue belom sempet nge-backup contacts gue. Padahal kayanya sekarang yang paling penting itu contacts yha. Foto-foto mostly udah gue save di Google Photos dan di Photo Stream. Kalo chat mah yaudahlah yaa, innalillahi aja. Hhhh doakan yang terbaik saja ya guys :""" Sebenernya bener-bener sedih kalau memang harus berpisah sama HP itu tapi kalo dia udah nggak kuat mau diapain lagi hixxx. Padahal super sayang dengan HP itu :( Kalo bisa disimpen aja mah gue simpen aja deh. Kasian juga yang mau beli HP itu, biaya maintenance-nya bakal tinggi banget.

Terus gue jadi baru sadar kalo gue nggak punya foto HP gue ini. Yaiyalah, dia kan yang biasanya gue pake buat moto, gimana mau moto dirinya sendiri. Yah kapan-kapan deh gue masukin fotonya kalau dia bertahan :"""" Kalau kalian bertanya-tanya kenapa openingnya kaya gitu... hm ya intinya gue jadi sedih banget aja karena HP gue rusak hix lebih-lebih dari patah hati wqwq. Bye all!

1 comment:

  1. my deep condolences for ur lose, may u ll get the better one soon!

    ReplyDelete