Sunday, December 31, 2017

2017: Adulting

What a year! Top notch! Lol berlebihan. Let's have some recap on what are the things I learned this year and hopefully you can also learn some new things after reading this.

Pertama, gue ngerasa kena banget sama QS 2:216, yaitu:
...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu...
Gue ngerasa sekarang gue lebih ngerti sama potongan ayat tersebut. Sejak beberapa tahun lalu, gue suka nggak dapat apa yang gue pengenin. Padahal gue udah berdoa banget buat itu, gue udah usaha banget juga, dan menurut gue, apa yang gue inginkan itu bakal baik buat gue. Heck no, bakal baik buat banyak orang, gak cuma gue doang. Tapi terus nggak terkabul. Dan percayalah selama beberapa tahun terakhir, ada beberapa keinginan yang menurut gue cukup "major" malah nggak terkabul. Tapi sekarang gue mikir ya, setelah beberapa bulan atau bahkan tahun, kerasa gitu kalo pada akhirnya gue dapetin lebih dari yang gue minta. Kadang akhirnya gue dapet apa yang gue minta, tapi terlambat, atau bahkan beda banget. Tapi kalo dipikir-pikir lagi, yang akhirnya gue dapet di saat yang tepat, atau somehow lebih bagus dari yang gue inginkan sebelumnya. Jadi ya, gue janji mulai sekarang, gue bakal lebih khusnudzon dengan apa yang terjadi. Karena gue percaya, apapun yang terjadi itu ada alasannya dan kalau lo bersabar nanti bakal dapat yang lebih baik.

Kedua, hidup itu pinter pinter.
Waktu gue kecil, nyokap gue bilang makin gede nanti, semakin beragam jenis orang yang gue temui. Kalo kata tante gue, hidup itu harus pinter pinter. Dimana hubungan kedua pesan ini? Gue merasa, dengan semakin beragamnya orang yang gue temui, gue harus semakin pintar-pintar dalam segala hal. Karena sumpah, semakin banyak orang yang lo temui, semakin banyak pula tipenya dan cara menanganinya juga bakal beda-beda. Jadi ya harus pintar menempatkan diri, pintar bergaul, pintar bernegosiasi, pintar mengelola emosi. Pokoknya harus pinter milih temen juga, pinter merangkul orang-orang di sekitar. Lagian ya, manusia itu kan makhluk sosial, jadi kalo lo nggak pinter pinter bergaul, yaa gimana mau hidup?!?! *berlebihan* Terus gue juga baru sadar kalo empati itu penting banget apalagi dalam pergaulan dimanapun!!!! Dulu gue kaya bodo amat kalo dinasehatin tentang ini, tapi setelah ketemu orang-orang macam gitu sekarang, bah pecah.

Ketiga, be brave to cutoff negativity from your life.
Gue udah ngurangin banget sosmed. Oke, gue jarang banget nge-scroll socmed. Ngepost kadang sih tapi juga jarang banget. Kenapa gue kurangin? Karena buat gue efeknya kurang baik aja. Yang ada gue jadi kepo kepo terus, terus juga bikin distraksi. Belom lagi banyaknya orang yang pencitraan di sosmed, sumpah gue muak. Kadang gue pengen unfollow tapi kok ya temen sendiri, ntar drama, males. Jadi lebih baik gue hindari saja, karena tidak penting. Gue juga mulai meninggalkan orang-orang yang menurut gue terlalu negatif di hidup gue. Hidup ini sudahlah pusing, mari kita kurangi hal-hal negatif lainnya agar hidup lebih chill.

Itu sih hal-hal yang gue pelajari.

Anyhoo, gue juga ngerasa kalo pada akhirnya, gimana lo nanggepin sesuatu itu sama pentingnya sama pas lo semangat lagi ngejar sesuatu. ngomong naon sih tha. Ok contohnya, lo pengen  kuliah di A, jadi lo pasti bakal ngusahin segala hal biar hal tersebut terwujud. Ini penting, karena ya kalo lo ngga usaha gimana lo mau dapetin itu. Tapi kalo misalnya lo gak lolos A dan malah dapet  di B, gimana lo bereaksi terhadap hal tersebut juga penting. Lo mau hilang semangat dll? Ya bisa aja sih, tapi apa dengan hilang semanggat lo jadi bisa mencapai tujuan lo selanjutnya? Atau misalnya, bener nih lo dapet di A, then what? Mau sibuk bangga tanpa bener-bener usaha disana? Ya boleh aja, tapi apa dengan sibuk berbangga diri lo jadi bisa mencapai tujuan lo selanjutnya? Duh sumpah gue kok bingung ya mau jelasin ini HAHA. Ya pokoknya, how do you handle your current situation is so important. How you handle, how you adapt, how you strategize everything.

Gue juga ngerasa, kalo ternyata those random shits you've dreamed about -- will eventually come true. Gue suka banget ngebatin, "Ih pengen X deh, kerja sebagai Y seru kali ya." And those shits eventually come true. LOL. Lyk srsly. Gue suka banget ngebatin random, terus kaya entah gimana caranya, tiba-tiba terkabul aja gitu. Padahal itu super random, bukan yang gue ampe doain pagi sampe malem gitu. Terus kadang gue juga ngebatin kan, "Ih males banget di bidang Z, gue gak mau ngurusin A". Terus kejadian juga dong. Trollolololol. Yah, kalo itu gue ngerasanya kualat sih. Tapi intinya, gak ada salahnya punya random wishes dan hati-hati kalo gak suka sama sesuatu.

Gue juga senang sekali karena tahun ini sangatlah minim drama. I'M. SO. PROUD. OF. MYSELF. Di sekitar gue tetap ada drama tapi gue bisa tidak banyak ikut campur. Gue juga bisa menahan untuk tidak nyindir orang kalo gue kesel ama mereka. WOW. Lu tau lah mulut gue sejahat apa, gue bisa bikin orang yang nyindir gue backfire terus kicep. Believe me, I can. But I'm way past that phase. Mantap.

I know that new year new me is kinda bullshit, tapi ya gak ada salahnya sih menjadikan tahun baru sebagai momentum, biar ada tolak ukurnya gitu loh. Asal beneran aja dijalanin.

Yang pertama, gue pengen lebih bisa memahami orang lain, walk on other's shoes. Karena kadang gue masih gak bisa ngontrol kalo misalnya ketemu orang yang menurut gue cara mikirnya beda banget sama gue. Gue bisa sadis banget mencecar mereka. Gue mau menjaga mulut gue biar gak tajam lagi, karena gue tahu mulut gue sangat sadis dan bisa aja ada orang yang terluka dengan ucapan gue selama ini. Gue pengen bisa semakin khusnusdzon dengan apa yang terjadi, karena gue semakin percaya kalo semua tuh bakal ada waktunya dan pasti dikasihnya yang terbaik buat kita. Gue juga pengen kembali membuka diri kepada orang baru ha ha ha ha ha. Ya lately I've been thinking, kaya gue tai juga sih karena tidak memberi kesempatan kepada orang-orang. Kaya gue kemarin sibuk banget dengan kerjaan gue, di titik gue males banget ngewaro orang yang pengen mengenal gue lebih dekat. Tapi sekarang gue janji, gue akan lebih meluangkan waktu, kerjaan gue makin banyak sih but I'll make more time for my personal life.

Bottom line, adulting is fun! Really looking forward for new challenges in 2018 and I believe the best is yet to come.

2 comments:

  1. Terima kasih Titha udh nulis ini!!! Pas bgt aku lg ga semangat bgt buat nerusin belajar huhuhu. I've faved this page so if I lose my spirit again, I can read your write

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mb Den semangat mengejar cita-citanya!

      Delete