Saturday, January 6, 2018

Baking Time!

Get a girl who can handle both excel and oven. Ha. Bct. Just another random experience by yours truly!



I'm a huge fan of BuzzFeed's Tasty. Jangan tanya ada berapa resep mereka yang pernah gue bookmark sejak 2 tahun yang lalu. Tapi karena gue orangnya pemales kecuali ada temennya, akhirnya resep-resep itu cuma jadi wacana. Terus gue suka ngeshare link-link Tasty ke Poppy, adek gue. Terus beberapa minggu yang lalu, gak tau ada angin apa, pas gue lagi di Ranch Market ama dia, kepikiran mau bikin salah satu resep Tasty. Dan resep terakhir yang gue share adalah Cookies & Cream Brownie Cheesecake Bars. Pas kita cek, ternyata yang gak ada di rumah cuma cheese cream sama brownie mix. Beli deh.

Itu kejadiannya sekitar 2 minggu yang lalu kayanya. Terus hari ini berhubung gue dan adek gue sama-sama lagi di rumah, jadilah kami ingin bikin makanan itu. Ngecek ke perlengkapan masak di rumah, ternyata kurang vanili sama oreo, jadi akhirnya beli dulu. Terus pas lagi siapin bahan-bahannya, baru sadar kalo brownie mix-nya nggak ada. Udah ngecek ke semua potential lemari dan gak ada. Sempat putus asa, but apparently gue sama adek gue lupa bungkusan brownie mix-nya kaya gimana, jadi kami skip. Terus akhirnya kami mulailah petualangan kami.

Buat brownie mix-nya kami pake dari Betty Crockers yang Fudge ukuran 290 gram. Terus pas ngeluarin brownie mix, ternyata dia kasar dan menggumpal. Akhirnya kami nyiapin ayakan (you know, yang buat mengayak bubuk biar lebih halus). Sambil ngayak, kami baca lagi apa aja yang diperlukan untuk nyiapin adonan brownies. Ternyata butuh air mineral, vegetable oil, sama telur 1 butir. Sempet panik karena gak punya minyak sayur but apparently vegetable oil = minyak nabati, jadi bisa pakai minyak sawit (yang dipake buat goreng) atau minyak kelapa (gue taunya ini buat bikin kulit gak kering). Anyways akhirnya gue siapinlah si minyak sawit ini. Terus kan diminta 5 tablespoons, terus gue ambillah itu sendok makan. Tapi terus adek gue bilang sendok makan US ama ID beda, terus yaudah akhirnya coba-coba pake converter. Terus akhirnya kita pake 8 sendok makan rumah. Buat airnya kita pake 3 sendok makan rumah. Telurnya 1 butir. Terus diaduk hingga merata. Gue gak tahu sih itu adonan benar atau nggak, tapi kalo kata nyokap gue itu kental.

Next nyiapin adonan cheesecake. Di sinilah keributan dimulai. Cheese cream yang dipake masih beku. Akhirnya kami memanaskannya pakai air panas, tau gak sih? Jadi wadahnya di taruh di dalam ember air hangat biar dia meleleh perlahan. Setelah beberapa lama dan perlu usaha tambahan, akhirnya itu cream cheese (yang bentuknya udah nggak cream lagi) itu dicampur ke gula. Gulanya juga udah kita modif sih ukurannya. I'll put our (revised) version below. Tambah telur 1 butir sama vanili secukupnya, aduk sampai semua menyatu. Terus karena masih agak encer, nyokap gue nyuruh tambahin tepung terigu sedikit, biar lebih kental. I know it sounds so weird, adonan kental/encer, but I can't find proper wordings for them heu.

Akhirnya masukin loyang deh. Sebelumnya, loyangnya udah dikasih mentega sama tepung terigu biar nanti adonannya gak lengket di loyang. Terus pertama masukin adonan brownies, kasih oreo di atasnya, terus tuang adonan cheese cream. Kalo di videonya Tasty sih harusnya langsung masukin remah-remah oreo, tapi karena adonan cheese cream terlalu encer jadi kita bake dulu sekitar 20 menit, baru ditambahin remah-remah oreo. Panggang lagi sekitar 30 menit. Voila! Jadi deh, walaupun kejunya gak cream selayaknya cheesecake. Kayanya kalo mau kaya gitu harusnya panggang keduanya cukup 20 menit aja.

Taste wise, not bad. Like, surprisingly not bad. Dari pas dipanggang udah wangi!!! Terus rasanya mayanlah, gak terlalu manis juga, mungkin karena rasanya tercampur semua. Tapi gue ngerasa browniesnya agak keras sih, tapi gue gak ngerti apakah itu disengaja (karena itu base kuenya) atau harusnya lebih soft. Ngga keras kaya batu juga sih, masih bisa digigit dengan mudah kok. Dan tbh resep-resep Tasty sangatlah cocok untuk manusia-manusia simple macam gue. Sebelumnya gue juga pernah nyobain bikin chocolate cup cake or something, pokoknya bikin kaya brownies tapi di cup gitu. Go try it!!! Lumayan untuk ngisi weekend.

As I promised before, ini takaran untuk tiap bahan yang gue pakai:
Brownie Mix
- 290 g brownie mix (I used Betty Crocker Brownie Mix Fudge)
- 8 sdm. minyak sawit
- 3 sdm. air mineral
- 1 butir telur

Cheese Mix
- 250 g cream cheese (I used Yummy Cream Cheese Neufchatel)
- 50 g gula halus
- 1 butir telur
- vanili secukupnya (beneran, gue asal tuang)
- 1 bungkus oreo (isi 15)

Tbh gue pakai brand tertentu karena gue cuma ketemu brand itu pas nyari di Ranch Market. Terus takarannya disesuaikan sama perbandingan antara bahan utama (brownie mix dan cheese mix). Terus buat dapat takaran yang gue pake... sejujurnya gue ngitungnya pake perbandingan aja sih. Gue anggap ini lagi praktikum kimia.

Untuk petunjuk masaknya, bisa nonton videonya di Youtube. Buat loyangnya, gue pakai yang kecil tapi rada tinggi sampingnya, mungkin sekitar 20x20 cm ya. Anywayss, berikut penampilannya:

0 aesthetics, delicious tho
 Aight, c u l8!!

2 comments:

  1. Bakat Titha yg terpendam jangan2 adalah memasak??? Kapan2 aku mau ikut masak2 juga doong

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUK cobain kapan-kapan masak resepnya Tasty haha mudah kok!!! yang penting ada alatnya ajaa

      Delete