Sunday, May 27, 2018

PSA: Lower Your Screen Brightness on Public Transportation

Sebuah himbauan

For the sake of your privacy. Seriously, kalo gak mau HP lo diintip pas lagi di kendaraan umum, tolong redupkan layar hp/tab/apapun gadget lo.

Gue nggak ngerti banget kenapa orang-orang suka ngatur layar mereka terang banget di kendaraan umum. Well, understand that ada orang yang nggak keliatan kalo terlalu gelap. Ngerti juga kok kalo sebenernya suka-suka mereka mau ngatur kaya gimana, harusnya mah gak boleh usil ngeliatin layar mereka. But uhm... pls?!?!?!

Karena ada orang-orang yang emang kepo beneran, ada orang yang iseng kalo ketemu aneh dikit langsung di-upload biar viral, ada juga yang kaya gue... yang attracted aja ama something shiny terus kadang malah jadi ikutan nyimak.

Ditulis dari sudut pandang orang yang suka ngeliatin layar orang karena matanya emang selalu ngarah ke sesuatu yang bercahaya.

As you know, gue suka banget baca. Apapun gue baca, termasuk layar orang lain... Dan karena gue bacanya cepat, kadang gak sampe 3 detik gue bisa baca isi satu layar.

Pertanyaan 1: Udah tau itu privasi, kenapa masih ngeliatin?
Uhm ya gimana. Most of time gue gak sengaja sih. Lagi liat kanan kiri terus karena ada yang nyala-nyala, gue nengok. Terus biasanya gue terpaku aja buat baca apa yang terjadi.
Srsly, kalo gak terang, gue gak bakal peduli. Ya ngapain juga gue ngeliatin layar orang.

Pertanyaan 2: Terus apa yang lo lakukan kalo lo sadar lagi ngeliatin layar orang?
Tergantung. Biasanya gue buang muka, terus buka HP gue sendiri. Kadang gue lanjutin ngeliat HAHA ini terutama kalo mereka lagi nonton drama korea gitu yaa. Gue suka "nebeng" nonton, tapi jarang juga sih soalnya kadang dari tengah episode gitu jadi gue nggak nyambung. Tergantung banget sih, kadang gue bener-bener carried away aja, nyimak terus sampe selesai. Kadang gue juga ngelepas kacamata, biar gak keliatan lagi. Tapi tenang, gue nggak pernah ada niatan buat foto atau ngerekam sih, too much hassle.

Pertanyaan 3: Kalo lo yang digituin, emang lo mau?
Nggaklah. Makanya gue bilang, lower your screen brightness. Atau yaa nggak usah pake HP sekalian kalo di tempat publik. Kalo gue sendiri sih jarang banget bener-bener main HP terutama di kendaraan umum, paling cuma gue pake buat dengerin musik doang. Googling lirik. Jarang banget gue sampe nonton video atau nge-scroll sosmed.

Pertanyaan 4: Gimana kalo ngeliat layar temen sendiri?
HE. Jaman kuliah gue masih suka nggak bisa kontrol, gue suka baca. Tapi sejak lulus udah berkurang jauh. Sekarang gue cenderung buang muka kalo ngeliat HP temen gue nyala, jadi gue nggak "tergoda" buat baca lebih lanjut. Atau kadang kalo muncul terus gue langsung bilang, "Eh ada notif nih." Pokoknya gue menghindari baca lebih lanjut karena takut keterusan.

Well I couldn't think of the 5th question so let's just leave it until the 4th question. Kalo ada yang mau lo tanyain, silakan komen. Tapi yaa intinya, jangan suka nyalain layar terang-terang, karena nanti keliatan orang lain!!!! Apalagi kalo udah ada berantem, atau mau nulis sesuatu  yang cenderung pribadi. Pls pls pls dilihat lagi sekelilingnya, takut juga kalo nanti ada informasi berharga terus kelihatan ama orang jahat, malah jadi gimana-gimana.

Sekian himbauanku malam ini. Bye!

No comments:

Post a Comment